Blogger Tricks

Jumat, 16 Maret 2012

Perempuan Mudah Cemas dan Depresi

Dalam mengahadapi masalah perempuan memiliki cara yang berbeda dengan laki-laki. saat punya masalah, perempuan mudah menderita depresi dan kecemasan,sementara laki-laki mudah kecanduan obat terlarang dan minuman keras. Demikian menurut sebuah penelitian yang meneliti jenis kelamin dan kesehatan jiwa.

Perbedaan jenis kelamin ternyata ada hubungannya dengan cara mengolah emosi. Perempuan lebih cenderung menarik diri dan mengolah emosinya secara internal ketika sedang menghadapi masalah. Itu sebabnya perempuan mudah kena depresi dan serangan kecemasan. Sebaliknya, laki-laki mudah mengeluarkan emosinya dan bertindak.

Namun bukan berarti depresi secara signifikan lebih tinggi terjadi pada perempuan. Perilaku internal lebih tinggi ditemukan pada perempuan bila dibandingkan dengan laki-laki. Contohnya, keterampilan menghadapi dan terapi perilaku kognitif yang ditujukan untuk mengurangi berfikiran yang berlebihan bisa membantu mencegah depresi atau kecemasan berlebihan pada perempuan yang beresiko.

Penelitian yang meneliti, ternyata perempuan cenderung didiagnosis menderita depresi dan kecemasan. Sementara itu, laki-laki cenderung menyalah gunakan zat terlarang dan berperilaku antisosial. Dari survei ditemukan pula fakta bahwa 22 persen perempuan didiagnosis menderita depresi seumur hidupnya, sedangkan laki-laki hanya 13,1 persen pernah mengalami depresi. Sekitar 17,4 persen laki-laki pernah ketergantungan alkohol sedangkan wanita hanya 8 persen yang pernah mengalami kecanduan. Memang ada perbedaan jenis kelamin, tetapi tidak ada ekslusivitas. Pria tetap saja bisa menderita depresi dan mereka harus mencari pengobatannya.

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

KIRIM KOMENTAR