Blogger Tricks

Rabu, 14 Maret 2012

Manfaat dan Kegunaan Seledri Untuk Tubuh

Seledri merupakan sayuran daun, dan termasuk sebagai tumbuhan obat, karena seledri dapat mengandung berbagai khasiat. Negara tetangga kita seperti cina dan jepang menggunakan bagian seledri sebagai bahan makanan, Tumbuhan ini dikenalkan oleh orang asing yang datang ke indonesia yaitu orang belanda, Seledri ini biasa digunakan oleh orang indonesia untuk makanan seperti sup, bakso atau digunakan sebagai bahan makanan untuk lalapan. Aroma baunya yang khas dan baunya yang harum, membuat orang tertarik untuk menjadikannya sebagai bumbu masakan penyedap rasa.Tetapi seledri juga dapat berpotensi mengakibatkan alergi pada bagi beberapa orang yang peka terhadap tumbuhan ini diantaranya yaitu bagi penderita radang ginjal yang tidak di bolehkan untuk mengonsumsinya. Berikut ciri-ciri dan manfaat seledri untuk tubuh :

Nama umum : Seledri

Nama latin : Apium graveolens L.

Nama daerah : Seledri, saladri, sadri, sederi, seldri, daun sop, daun soh.

Habitat : Semak, tinggi lebih kurang 50 cm, ditanam disawah dan ladang yang tanahnya lembab.

Batang : Tidak berkayu, bersegi, beralur, beruas, bercabang tegak, bewarna hijau pucat.

Daun : Berpangkal pada batang dekat tanah, berbentuk lekuk tangan, baunya khas. Anak daun 3-7 helai, pangkal dan ujungnya runcing, tepi bergerigi, panjang 2-7,5 cm, lebar 2-5 cm, berwarna hijau.

Bunga : Bewarna hijau, majemuk, berbentuk payung, tangkai 2 cm, jumlah kelopak delapan sampai 12 helai, berbenang sari lima, berlepasan, berselingan dengan mahkota berbagi lima, bagian pangkal berdekatan.

Akar : Tunggang, putih kotor.

Khasiat : Untuk obat masuk angin, tekanan darah tinggi , dan penghilang rasa mual 

Kandungan kimia : Daun mengandung saponin,flavonoid, dan politenon, protein, belerang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1,dan C.

Bagian yang digunakan : Daun.

Cara kerja : Sebagai peluruh air seni.






Kata kunci :  kegunaan seledri, keterangan seledri, keunggulan seledri, khasiat seledri, guna seledri, ciri seledri, ciri-ciri seledri, ciri ciri seledri, betapa istimewanya seledri, khasiat makan seledri, penemuan baru seledri, kandungan dan khasiat seledri, obat seledri, obat tumbuh tumbuhan, obat masuk angin, obat pening, obat tekanan darah tinggi, obat penghilang rasa mual, manfaat seledri

Artikel Terkait:

1 komentar:

KIRIM KOMENTAR