Blogger Tricks

Jumat, 09 Maret 2012

Begadang Dapat Menyebabkan Emosi Meningkat

Begadang jangan begadang, bila tak ada artinya, Begadang boleh saja asal ada perlunya. Sepengal lagu bang Rhoma Irama ini bisa dijadikan panutan agar jangan begadang kalau tidak ada perlunya. Lalu apa bahaya begadang bagi kesehatan? Bisakah tidur malam digantikan tidur siang?. Menurut Dr Rasrinam Syahril SpS, begadang merupakan aktivitas dimana seseorang sengaja mengurangi jam tidurnya. Beda dengan insomnia. "Kadang orang sering menyamakasnnya dengan insomnia karena sama-sama berkenaan dengan tidur. Kalau insomnia itu, penyakit kesulitan tidur, mudah terbangun dikala tidur, sulit mempertahankan tidur atau terbangun atau tidak bisa tidur lagi. Aktivitas ini terjadi setiap malam, sehingga menyebabkan aktifitas pengidapnya terganggu disiang hari, "berbahaya".

Orang yang terbiasa begadang (kurang tidur), biasanya akan merasaan beberapa dampak, antara lain, kondisi emosi yang tidak stabil sehingga mudah tersinggung, mudah depresi, dan sensitif. Selain itu kemampuan kongfnitifnya terganggu sehingga ketelitian, kemampuan analistis dan kreatifitasnya berkurang. Sistem saraf simpatis (sistem saraf stres) meningkat dan dapat menyebabkan tekanan darah, gula darah meningkat. yang parah lagi nafsu makan juga meningkat.

Sebaiknya tidak tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang, karena dapat berbahaya untuk kesehatan, terutama dapat mengacaukan proses pembuangan zat zat yang tidak berguna. Selain itu, dari tengah malam hingga pukul 04.00 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah. Karena itu sebaiknya orang tua menjaga jam tidur anak dengan ketat. Pasalnya, metabolisme tubuh bekerja lebih giat pada saat kita tertidur.






Kata kunci : akibat begadang, dampak begadang, begadang mengandung resiko, efek begadang, arti hidup sehat, bidang kesehatan, budaya hidup sehat, cara gaya hidup sehat, cara hidup sehat, contoh hidup sehat, gaya hidup sehat, hindari langsung tidur, hindari setelah selesai makan, ilmu kesehatan, info kesehatan, jurnal kesehatan, Kesehatan, makanan sehat, olahraga, sehat alami, skripsi kesehatan, tips sehat

Artikel Terkait:

1 komentar:

  1. hadohh gan..
    kalo beneran gini..

    tpksa nii,,tdur ny dipaksain cepet2..
    fiuhh

    BalasHapus

KIRIM KOMENTAR