Blogger Tricks

Selasa, 20 Maret 2012

Sesak Nafas Tanda Sindroma Pernafasan Akut

Anda sering mengalami sesak nafas, biasanya berupa pernafasan yang cepat dan dangkal? Bila iya, sebaiknya waspada karena itu semua merupakan tanda terkena sindroma gawat pernapasan akut (sindroma gawat pernafasan dewasa). "Sindroma gawat pernapasan akut ini merupakan suatu jenis kegagalan pada paru-paru yang mempunyai kelainan yang berbeda,yang dapat mengakibatkan terjadinya pengumpulan cairan di dalam paru-paru (edema paru),"ujar Dr. Zen Ahmad Sp.PD. Menurutnya kelainan ini yaitu dapat terjadi kepada seseorang yang memiliki paru-paru yang normal. Kejadian ini biasa  disebut dengan sindroma gawat pernapasan akut pada orang dewasa, kondisi yang seperti ini bisa terjadi pada anak. "Faktor penyebabnya bisa penyakit apapun, baik yang secara langsung maupun tidak langsung melukai paru-paru, misaknya saja infeksi berat, pneumonia, tekanan darah yang sangat rendah maupun kerusakan paru".

Penyakit tersebut dapat terjadi berkisaran waktu 24 - 48 jam kelainan pada dasarnya. Pertama penderita tersebut susah bernafas. Karena rendahnya kadar oksigen dalam darah,kulit terlihat pucat atau biru, dan organ lain seperti jantung dan otak akan mengalami kelainan fungsi. "Kehilangan oksigen yang berlangsung lama bisa menyebabkan komplokasi serius seperti gagal ginjal. Tanpa pengobatan yang tepat, 90 persen kasus berakhir dengan kematian.

Pada saat pemeriksaan fisik dengan menggunakan alat stetoskop, akan terdengar suara nafas yang abnormal (rongki atau wheezing). Tekanan darah yang rendah dan kuku, kulit, serta bibir pada penderita yang tampak menjadi kebiruan (sianosis ini diakibatkan kekurangan oksigen). "Bila pengobatan yang diberikan sesuai, 50 persen penderita akan selamat. Karena penderita kurang mampu melawan infeksi, mereka biasanya menderita pneumonia dalam perjalanan penyakitnya".

Pengobatan lainnya yaitu dengan makanan intravena atau memberi cairan (melalui infus) itu merupakan hal penting, tujuanya yaitu menghindari terjadinya dehidrasi atau malnutrisi yang dapat mengakibatkan berhentinya fungsi pada bagian organ tubuh (keadaan ini disebut dengan kegagalan pada bagian organ multipel). "Obat-obatan khusus yang diberikan tujuanya untuk mengatasi infeksi, membuang cairan dalam paru-paru dan mengurangi peradangan. Misalnya infeksi dapat diberikan obat antibiotik".







Kata kunci : Sesak nafas, sindroma pernafasan akut. akibat sesak nafas, tiba tiba nafas menjadi sesak, pernafasan akut, penyakit pernafasan akut, penyakit sesak nafas, dampak sesak nafas, akibat sesak nafas, akibat pernafasan akut, gejala pernafasan akut, gejala sesak nafas, hal yang menyebabkan pernafasan akut, hal yang menyebabkan sesak nafas, ciri ciri sesak nafas, ciri ciri pernafasan akut

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

KIRIM KOMENTAR