Blogger Tricks

Minggu, 18 Maret 2012

Bedakan Batuk Kering Dan Berdahak

Pada dasarnya ada 2 jenis batuk, yaitu batuk kering dan batuk berlendir (berdahak). Kedua jenis batuk ini membutuhkan penangan yang berbeda. Batuk kering membutuhkan obat antitusif untuk menekan rangsangan batuk, sedangkan batuk berlendir harus diberi obat yang merangsang pengeluaran lendir.

Batuk kering terjadi umumnya disebabkan iritasi asap rokok, zat penyebab iritasi dari lingkungan, alergi, atau asma. Penyakit paru paru juga menyebabkan batuk kering. Kadang kita juga mengalami batuk tanpa alasan yang jelas. Gastric reflux atau yang biasa dikenal GERD (gastro esophageal reflux disease) juga bisa menyebabkan batuk kering. Ini adalah kelainan aliran keluar kembali makanan dan asam lambung ke kerongkongan.

Batuk kering juga bisa disebabkan batuk pertusis, influenza, tak sengaja menghirup atau menelan benda asing, penyakit bernama Mycoplasma pneumonia. Bisa juga disebabkan efek samping pengobatan jantung dan tekanan darah tinggi. batuk berdahak terjadi karena tubuh ingin mengeluarkan lendir dan benda asing dari saluran napas. Lendir terbentuk di paru-paru bisa disebabkan bronkitis, pneumonia, atau penyakit bernama chronic obstructive pulmonary disease (COPD). pilek dan alergi juga menyebabkan terjadinya produksi lendir.

Batuk berdahak pada orang yang merokok sering kali merupakan pertanda kerusakan paru-paru. Untuk perokok, cara paling efektif mengobati batuk adalah berhenti merokok.

Wajib diwaspadai jika batuk berlendir ini memproduksi lendir dari paru-paru, bukan saluran napas. Kemudian lendir berwarna kelam atau terdapat darah serta berlangsung lebih dari sepuluh hari. Waspadai juga gejala lain yang menyertainya, seperti demam dan menggigil, napas pendek, nyeri dada, berkeringat dimalam hari, dan berat badan turun.

Konsultasikan gejala-gejala itu dengan dokter. Batuk kering, kata Prof. Dr. Hadiarto Mangunnegoro,Sp.P (K) FCCP, ahli paru-paru terkemuka, memerlukan obat antitusif, yang berguna untuk menekan rangsangan batuk. Sebaliknya, batuk berdahak membutuhkan obat ekspektoran yang merangsang pengeluaran lendir. dengan prinsip kerja yang berbeda itu, pengobatan batuk pun harus sesuai dengan jenisnya. 

Batuk berlendir yang diberi batuk kering memang akan menghilangkan batuk. "Namun, napas jadi sesak," Ujar Prof. Dr. Hadiarto. Obat yang menekan batuk lendir tidak bisa keluar. Lendir yang tertahan ini menganggu aliran napas.







Kata kunci : menghilangkan batuk kering, menghilangkan batuk berdahak, menghilangkan batuk kering dan berdahak,  cara mengobati batuk kering, cara mengobatai batuk berdahak, cara mengobati batuk kering dan berdahak, ciri ciri batuk kering, ciri ciri batuk berdahak, ciri ciri batuk berdahak dan batuk kering, akibat batuk kering, akibat batuk berdahak, akibat batuk kering dan berdahak, obat batuk kering, obat batuk berdahak, obat batuk kering dan batuk berdahak, cara mengatasi batuk kering, cara mengatasi batuk berdahak, cara mengatasi batuk kering dan batuk berdahak

Artikel Terkait:

1 komentar:

  1. info yang bagus,,,,, bermanfaat,,,,,
    main juga ya ke web ane di www.Lam-Alif.com,,,,,

    semoga bermanfaat

    BalasHapus

KIRIM KOMENTAR