Blogger Tricks

Sabtu, 17 Maret 2012

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Kopi sering dianggap tidak sehat. Padahal biji kopi diketahui juga mengandung antioksidan. Zat alkaloid pahit tidak berbau yang disebut kafein dan ditemukan oleh Dr. Philippe Sylvestre Duvor (1685). Setelah itu berbagai penelitian soal efek kopi pada kesehatan sudah dilaksanakan. Salah satu penelitian itu dilakukan oleh Dr. J. Murdoch Ritchie, berjudul The Pharmocological Basis of Therapeutic. Sisi positif cafein (kafein), kata Ritchie, adalah menjadikan aliran pikiran lebih cepat dan jernih serta mengusir rasa kantuk dan lelah.

Setelah mengonsumsi kafein, seseorang bisa meraih pencapaian intelektual yang lebih tinggi. Berkat kafein pula aktifitas motorik dan stimuli panca indra jadi lebih lancar. Contohnya seorang tukang ketik akan bekerja lebih cepat dengan kesalahan lebih sedikit setelah mengonsumsi kopi.

Efek cafein (kafein) akan terasa setelah mengonsumsi satu atau dua gelas cangkir kopi. Detak jantung meningkat, pembuluh darah melebar. Pegerakan cairan dan kotoran padat dalam tubuh pun menjadi lebih cepat.

Sisi negatifnya yaitu, peminum kopi berat akan mengalami kekhawatiran kronis, gelisah, dan lekas marah. Dosisi kopi sangat besar atau setara dengan sepuluh cangkir kopi kental yang diminum secara berturut-turut menghasilkan efek beracun yaitu, muntah, demam, kedinginan, dan mengalami kebingungan mental. Sementar dosis kafein (kafein yang mematikan adalah setara dengan seratus cangkir kopi atau 10 gram cafein (kafein).

jadi, beberapa gelas kopi yang aman diminum dalam sehari? Minum dalam jumlah sewajarnya tentu adalah jawabanya. Seberapa banyakkah jumlah sewajarnya itu? belum ada penelitian yang bisa memberikan jawaban.

Sejauh ini belum ada laporan efek negatif kopi dari dosis kafein sebanyak 300 mg sehari. Satu gelas kopi rata-rata mengandung 100 mg cafein (kafein). Artinya, akan aman aman saja jika kita minum 3 gelas kopi sehari dan menikmati manfaat kafein tanpa efek negatif.

Itu hanya perkiraan kasar, sebab dalam sehari anda pasti mengonsumsi cafein (kafein) dan kola, permen coklat batangan dan pil obat sakit kepala. Harus diingat pula bahwa reaksi setiap orang terhadap cafein (kafein) tak sama. Ada orang yang baik-baik saja walaupun minimal 5 gelas kopi, ada pula yang tak dapat mengonsumsi kopi sedikit pun!.






Kata kunci : manfaat kopi untuk kesehatan, hidup sehat dengan kopi, kegunaan kopi untuk kesehatan, manfaat kopi, manfaat kopi hitam, sejuta manfaat kopi, manfaat kopi untuk kehidupan,  mempercatik, manfaat kopi, jenis jenis kopi, kegunaan kopi, fungsi kopiu, fungsi kopi, danmap positif kopi, dampak negatif kopi, dampak positif dan negatif kopi, kegunaan kopi

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

KIRIM KOMENTAR